Tetap Terhidrasi Saat Berolahraga

terhidrasi
Tahukah Anda bahwa cara sederhana untuk meningkatkan ketahanan tubuh saat berolahraga adalah dengan mengonsumsi cairan yang cukup. Menurut para ahli, dehidrasi akan mengurangi volume darah yang dipompa ke jantung. Kondisi ini pada akhirnya akan menyebabkan berkurangnya jumlah oksigen ke otot sehingga terjadi kelelahan dini.
Lantas, bagaimana mengetahui kalau tubuh kita kekurangan cairan? Tanda yang utama adalah sering merasa haus atau mulut terasa kering. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi ketika melakukan olahraga.
Tetap terhidrasi sebelum latihan
Anda tidak harus menenggak air sebelum memulai berolahraga. Pasalnya, jika Anda minum terlalu banyak cairan (air putih atau minuman olahraga) sebelum aktivitas fisik dapat menyebabkan kembung dan kram. Pada umumnya, para atlet direkomendasikan untuk minum tiga liter air setiap hari, bahkan pada hari libur. Dia juga mengatakan, cara ini dapat diadopsi untuk mereka yang selalu aktif.

Tetap terhidrasi selama latihan

Ketika melakukan olahraga, Anda akan kehilangan cairan melalui keringat dan pernapasan. Karena itu, seseorang harus tetap minum air putih selama latihan untuk mengganti cairan yang telah hilang. Setiap individu setidaknya harus minum satu cangkir (250 ml) untuk setiap 15 menit latihan.


Bila pengeluaran keringat sangat banyak, ada banyak minuman karbohidrat dengan gula untuk mengisi glikogen dan minuman elektrolit dengan natrium dan kalium, yang membantu tubuh tetap terhidrasi dan memperbaiki fungsi otot.

Tetap terhidrasi setelah latihan

Setelah melakukan latihan berat Anda wajib untuk terus minum air. Jika Anda melakukan latihan menahan beban, pertimbangkan untuk menambahkan bubuk protein ke air putih atau minuman karbohidrat. Ini dapat membantu otot dan sintesis protein. Asupan protein pasca latihan akan membantu memulihkan otot. Kebutuhan tersebut bisa didapatkan dari ikan atau daging ayam.

sumber : KOMPAS.com

0 komentar: