MITOS JERAWAT

Jerawat adalah keadaan abnormal pada kulit akibat rembesann berlebihan kelenjar minyak sehingga menyebabkan saluran folikel rambut atau liang roma tersubat. Jerawat tidak hanya masalah bagi anak muda tetapi ia juga melibatkan orang dewasa. Jerawat terjadi di kulit terutamanya di muka , dada dan belakang yaitu kawasan yang mempunyai banyak bulu roma. Liang minyak yang tersumbat akan menjadi bintik putih jika ia terjadi di bawah kulit atau bintik hitam jika di lapisan luar kulit. Kulit akan menjadi kemerahan jika radang terbentuk di sekeliling liang tersebut.Lebih besar kawasan radang lebih mudah terbentuk nanah dan akan meninggalakan parut jerawat jika tiada perawatan dan obat yang sesuai. Menghilangkan parut jerawat lebih sukar bila perawatan diabaikan. Wajah muka yang penuh dengan parut jerawat sudah tentu menghilangkan seri dan keyakinan diri.

Sebagian remaja malu apabila bertemu dengan orang lain karena mukanya penuh jerawat, tidak jarang karena adanya jerawat membuat seoseorang menjadi pemalu dan lebih suka menyendiri, di tambah lagi dengan mitos-mitos tentang jerawat yang menambah kecemasan. Berikut adalah mitos-mitos yang salah tentang jerawat :
  1. Jerawat monopoli remaja. SALAH!! Jerawat juga kerap mengenai orang dewasa bahkan saat berusia 50    tahun
  2. Makan kacang/ coklat menyebabkan jerawat. Masih kontraversi sebab sedikit sekali studi yang berhasil membuktikan hub. makanan dengan jerawat
  3. Stress menyebabkan jerawat. pendapat ini masih kontaversi sebab belum ada studi yang dapat menghubungkan hormon sress dengan jerawat.
  4. Tabir surya menyebabkan jerawat. SALAH !! bila memilih tabir surya yang sejenis dengan jenis kulit, tabir surya tidak akan menyebabkan jerawat.
  5. Jerawat muncul karena wajah kurang bersih. tidak sepenuhnya benar, malah kalo terlalu sering membersihkan wajah dapat memperparah jerawat.
  6. Make up dapat memperparah jerawat. yup, jika make up terlalu tebal sehingga menyumbat pori-pori. Tapi bila make up ringan tidak akan menyebabkan jerawat.
  7. Jerawat hanya merupakan masalah penampilan. yap, memang, namun lama kelamaan dapat menurunkan rasa kepercayaan diri.
  8. Jerawat tidak ada obatnya. tidak benar, saat ini telah banyak tersedia obat untuk mengatasi jerawat.
  9. Jerawat bisa dibersihkan dengan scrub. SALAH!! sebab iritasi yang terjadi pada kulit setelah di scrub dapat memperparah jerawat.
Sekian tentang mitos jerawat, semoga bermanfaat.




0 komentar: